Universitas Terbaik di Lampung Teknokrat Latih Siswa SMK PGRI 1 Limau Dasar-Dasar Algoritma dan Pemrograman

Limau – Dosen S1 Informatika dan S1 Sistem Informasi Universitas Teknokrat Indonesia melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di SMK PGRI 1 Limau. Kegiatan tersebut disusun dalam bentuk pelatihan dasar-dasar algoritma dan pemograman bagi siswa kelas 10 dan 12 jurusan multimedia.

Ada lima pokok bahasan yang menjadi bahasan, termasuk di dalamnya pembahasan pertama mengenai wawasan potensi dunia kerja pascapendidikan SMK dan potensi kuliah di bidang komputer, kemudian materi dasar terkait dasar-dasar algoritma dan pemograman yang meliputi (1) pendahuluan algoritma dan pemograman, (2) runtunan, (3) pencabangan, (4) perulangan dan praktek di laboratorium komputer di SMK PGRI 1 Limau.

Dosen pemandu PKM dari S1 Informatika dan S1 Sistem Informasi, Permata dan Zaenal Abidin, mengatakan, kegiatan tersebut terlaksana berkat dana hibah internal dari Universitas Teknokrat Indonesia.

Pelatihan dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama, yaitu tanggal 18 Maret 2021 fokus pada wawasan dunia kerja pascapendidikan SMK dan pendahuluan algoritma dan pemograman.

Sesi lanjutan pertama, yatu tanggal 19 Maret 2021 fokus pada runtunan, pencabangan dan perulangan. Siswa diberikan penjelasan secara detail terkait potensi kerja setelah pendidikan di SMK jurusan multimedia kemudian dilanjutkan potensi untuk melanjutkan kuliah di Universitas Teknokrat Indoneisa di bidang komputer bagi siswa SMK jurusan multimedia.

Lalu kegiatan sesi lanjutan pertama dilanjutkan dengan pembahasan secara detail dasar-dasar algoritma dan pemrograman meliputi (1) pendahuluan algoritma dan pemograman, (2) runtunan, (3) pencabangan, (4) perulangan.

Sementara sesi kedua, diisi dengan materi praktek langsung di kelas dan di lab SMK PGRI 1 Limau. Sesi kedua yaitu tanggal 22 April 2021 fokus pada mencoba secara langsung pemrograman meliputi (1) pendahuluan algoritma dan pemograman, (2) runtunan, (3) pencabangan, (4) perulangan. Sesi lanjutan kedua, yatu tanggal 27 April 2021 fokus praktek langsung di lab SMK PGRI 1 Limau ada runtunan, pencabangan dan perulangan.

Dosen pemandu PKM Zaenal Abidin dan Permata mengatakan, tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk memberikan tambahan pengetahuan serta membangkitkan motivasi terhadap para siswa SMK PGRI 1 Limau agar menjadi lebih percaya diri dan tertarik pada dunia pemograman ketika kelak mereka akan lulus dari jurusan multimedia.

Kepala SMK PGRI 1 Limau Ahmad Yani mengatakan, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi para siswa, terutama di masa pandemi dimana siswa menjadi kurang aktif dalam belajar. Hal ini juga terjadi disebabkan tidak adanya akses internet yang memadai.

Ia juga menambahkan bahwa kegiatan PKM ini merujuk pada kebutuhan sekolah yang masih dalam proses melengkapi berbagai fasilitas yang dapat mendukung siswa di bidang multimedia, yang tentunya akan sangat berguna bagi mereka ketika terjun di dunia industri dan kerja.

Ia menyampaikan apresiasi kepada Universitas Teknokrat Indonesia terutama dalam kegiatan sekolah binaan pengabdian kepada masyarakat.

Menanggapi itu, Wakil Rektor I Unversitas Teknokrat Indonesia Dr H Mahathir Muhammad SE MM mengatakan, pelatihan semacam ini penting diberikan agar siswa mahir dalam pemrograman. Selain itu, sebagai calon lulusan multimedia, para siswa memang seharusnya menguasai ini dengan baik.

Pelatihan yang diberikan ini diharapkan meningkatkan kemampuan siswa dalam hal pemrograman. Ia berharap siswa makin mahir dalam dunia pemrograman.