Universitas Terbaik di Lampung Teknokrat Latih Bahasa Inggris Siswa SMA Muhammadiyah Gadingrejo lewat Ikigrammar.com

Wartalampung.id, Gadingrejo – Universitas terbaik di Lampung, Universitas Teknokrat Indonesia, kembali menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) skema Sekolah Binaan di SMA Muhammadiyah Gadingrejo yang telah dilaksanakan pada Rabu, 7 April 2021, pukul 09.00 s.d. 15.00. Peserta adalah 25 siswa dan siswi SMA Muhammadiyah Gadingrejo

Bentuk kegiatan dari progam PKM ini adalah pelatihan kepada siswa dan siswi untuk meningkatkan kemampuan tata bahasa Inggris dasar melalui website Ikigrammar.com

Tujuan kegiatan ini adalah untuk memfasilitasi proses pembelajaran bahasa Inggris dasar agar dapat mudah dikuasai oleh siswa dan siswi SMA Muhammadiyah Gadingrejo dengan memaksimalkan website yang telah dirancang oleh dosen dan mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia. Website tersebut adalah ikigrammar.com.

Mengapa website tsb diberi nama ikigrammar.com? Situs ini terinspirasi oleh latar belakang siswa dan siswi i di lingkungan tersebut yang kerap menggunakan bahasa jawa sebagai bahasa sehari-hari, dan kata “iki” memiliki arti “ini”.

Sehingga harapan tim PKM Universitas Teknokrat Indonesia adalah nama website ini dapat selalu diingat oleh siswa/i tersebut.

Pengembang website tersebut adalah Muhaqiqin, S.Kom., M.T.I., dosen Program Studi Teknologi Informasi) dan dibantu oleh Yovie Alfa Guistuta, mahasiswa Program Studi Informatika.

Sedangkan konten website tersebut disiapkan oleh Fatimah Mulya Sari, S.Pd., M.Pd. dan Mutiara Ayu, S.Pd., M.Pd., Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan 3 mahasiswanya, yaitu: Ayu Fiddiyasari, Siti To’ifah, Wulandari Pranawengtias.

Adapun tim yang terlibat dalam kegiatan ini adalah 3 dosen dan 4 mahasiswa. Sebanyak 3 dosen itu adalah Fatimah Mulya Sari, S.Pd., M.Pd. (Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris), Muhaqiqin, S.Kom., M.T.I. (Dosen Prodi Teknologi Informasi), dan Mutiara Ayu, S.Pd., M.Pd. (Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris)

Adapun empat mahasiswa yang dilibatkan adalah Ayu Fiddiyasari (mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris), Siti To’ifah (m Prodi Pendidikan Bahasa Inggris),  Wulandari Pranawengtias (mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris), dan Yovie Alfa Guistuta (mahasiswa Prodi Informatika).

Wakil Rektor I Universitas Teknokrat Indonesia Dr. Mahathir Muhammad, SE, MM, mengatakan, keunikan web ini dinilai bisa makin membuat siswa mencintai bahasa Inggris. Bahasa inggris, ujar dia, sekarang menjadi alat komunikasi utama di dunia internasional.  Mahathir mengatakan, dengan adanya situs yang dibikin dosen Teknokrat, bisa meningkatkan kemampuan berbahasa siswa.

Selain itu, diharapkan siswa makin mencintai bahasa Inggris sehingga piawai menggunakannya dalam komunikasi sehari-hari. Mahathir juga berharap, situs yang dibuat ini diisi dengan konten yang menarik dan berguna untuk penggunanya