Universitas Terbaik di Lampung, Dosen Teknokrat Latih Optimalisasi Blog Guru MA Mathlaul Anwar

Bandar Lampung – Dosen dan mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia yang tergabung dalam Tim Pengabdian kepada Masyarakat mengadakan pelatihan optimalisasi blog bagi guru-guru Madrasah Aliyah (MA) Mathlaul Anwar di laboratorium 2 Bahasa Gedung A kampus setempat, pada 20 Maret yang lalu.

Ketua Tim Pengabdian kepada Masyarakat Arniza Fitri, ST, M,Sc, Ph.D, mengatakan, program sekolah binaan yang dijalankan rim ini adalah satu dari empat rangkaian kegiatan tim PkM kampus setempat sampai bulan Mei 2021.  Adapun mereka yang masuk dalam Tim untuk pelatihan optimalisasi blog itu adalah Farli Rossi, ST, M.Sc, Dr. Emi Suwarni, SE, M.Si, Tri Darma Rosmala Dewi, SE, M.S.Ak.

Untuk mahasiswa yang ikut serta dalam Tim adalah Ade Rahman, Asrul Fikri, dan Amnesti Saputri serta Ayu Suraiya.  Arniza Fitri mengatakan, pelatihan tersebut bertujuan meningkatkan optimalisasi pemasaran MA Mathlaul Anwar kepada publik. Selain itu, para guru bisa mengoptimalkan blog untuk peningkatan mutu bahan ajar mereka di sekolah.  Arniza mengatakan, dengan perkembangan teknologi yang pesat, para guru juga didorong untuk memahami teknologi. Selain bermanfaat untuk siswa dalam mengakses bahan ajar, ini juga menambah keterampilan para guru dan mengelola blog mereka.

Arniza Fitri mengatakan, kepala MA Mathlaul Anwar puas dengan program ini. Kepala sekolah bersyukur, ia dan guru-guru bisa mendapat kesempatan berharga ini. Dengan begitu, setiap guru bisa meningkatkan pengetahuan dan skill-nya dalam hal memberikan materi ajar melalui daring.  “Kegiatan selanjutnya nanti pada 27 Maret yakni pelatihan pembuatan video pembelajaran,” ujarnya. 

Menanggapi itu, Wakil Rektor I Universitas Teknokrat Indonesia Dr H Mahathir Muhammad, SE, M.M, mengatakan, pihak kampus memang punya program sekolah binaan sebagai bagian dari Pengabdian kepada Masyarakat (PkM).  Khusus untuk teknologi dan informasi, kata Mahathir, kampusnya mendorong penguasaan teknologi kepada siswa dan guru sekolah yang menjadi mitra Universitas Teknokrat Indonesia. 

Mahathir menjelaskan, pelatihan semacam itu bermanfaat besar bagi peningkatan mutu mengajar para guru. Dengan demikian, setiap guru bisa mengunggah materi, video, tulisan, dan grafis pada blog mereka.  “Sehingga siswa bisa mengakses dengan mudah, Insya Allah ini bermanfaat sekali dan terus menjadi konsentrasi kami,” tutup Mahathir.