Universitas Terbaik di Lampung, Dosen Teknokrat Latih Guru SMKN 7 Bandarlampung Pengelolaan Ujian Berbasis CAT

Bandarlampung – Dosen dan mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia salah satu Universitas Terbaik di Lampung, tak henti-hentinya memberi pelatihan guru di sejumlah sekolah di Provinsi Lampung. Melalui program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Sekolah Binaan kali ini dosen dibantu mahasiswa memberi pelatihan dan bahan ajar yang efektif dan praktis di musim pandemi Covid-19. 

Sebanyak 10 dosen dan 4 mahasiswa yang diketuai oleh Heni Sulistiani, M.Kom, melaksanakan PkM di SMK Negeri 7 Bandarlampung selama dua hari, Selasa dan Rabu (30-31/3/2021).  Heni menjelaskan, materi yang diberikan kepada 50 guru SMKN 7 Bandarlampung meliputi ; Manajemen Konten pada E-Learning. Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif.

Pengelolaan Ujian Berbasis Computer Assisted Test (CAT) dan Pembuatan dan Editing Video Pembelajaran. Disampaikan ujian berbasis CAT dapat dilakukan lebih efisien, mengurangi kecurangan dan lebih cepat memproses koreksi hasil ujian. Kemudian memberi pelatihan manajemen E-learning pada guru SMKN 7 Bandarlampung.

Kebanyakan yang terjadi pada guru-guru kata Heni, proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru menggunakan metode ceramah atau penyampaian bahan pelajaran secara lisan, komunikasi dilakukan secara satu arah. Jika ada peserta didik yang kurang memperhatikan pelajaran, maka peserta didik akan ketinggalan. Salah satu cara mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi informasi (e-learning).

Perangkat lunak yang digunakan adalah perangkat lunak LMS (Learning Management System) MOODLE yang berbasis Open Source dan Aplikasi Perkantoran Ms. Power Point untuk pembuatan konten pembelajaran.  Heni mengatakan, tujuan dari program ini meningkatkan kemampuan guru dalam bidang penguasaan teknologi informatika (TIK), memberikan pelatihan bagi guru untuk membuat content bahan ajar berbasis TIK dan memudahkan guru untuk mengupdate bahan ajar di kemudian hari. Tim dosen dan mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia melakukan pelatihan dengan menggunakan metode learning by doing. Dimana setiap peserta pelatihan dapat belajar dengan cara langsung mempraktekkan.

Guru-guru yang mengikuti pelatihan minimal mampu mengoperasikan komputer dengan baik, melakukan pelatihan pembuatan kontent bahan ajar berbasis aplikasi dengan menggunakan Ms. Power Point. Sejumlah guru memang terlihat mengalami kesulitan. Tapi dengan ketekunan Tim Dosen dan Mahasiswa PKM Universitas Teknokrat para guru mulai bisa. Tim PKM Universitas Teknokrat Indonesia :

1. Heni Sulistiani, M.Kom. ( Ketua Tim)
2. Ade Dwi Putra, M.Kom. (Anggota)
3. Yuri Rahmanto, M.Kom. (Anggota)
4. Eko Bagus Fahrizqi, M.Pd (Anggota)
5. Suaidah, M.Kom. (Anggota)
6. Setiawansyah, M.Kom. (Anggota)
7. Adhie Thyo Priandika, M.Kom. (Anggota)
8. Ade Surahman, M.Kom. (Anggota)
9. Sanriomi Sintaro, M.Kom. (Anggota)
10. Permata, S.Si., M.Si. (Anggota)
11. Ferliadi (Mhs. D3 SIA)
12. Salsa Safira (Mhs. D3 SIA)
13. Dinda Ayu Paraswati (Mhs. D3 SIA)
14. Randy Romadhoni (Mhs. S1 Teknologi Informasi).