Tim Pengabdian Universitas Teknokrat Terapkan Smart School di SMK YP Serdang Tanjung Bintang

Tanjung Bintang – Dalam rangka mendukung produktivitas guru dan siswa di masa pandemi covid-19 ini, tim pengabdian Universitas Teknokrat Indonesia yang merupakan perguruan tinggi terbaik 1 se-Sumbagsel melaksanakan penerapan dan pendampingan penggunaan aplikasi Smart School di SMK YP Serdang kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan.

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari Hibah yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI melalui skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM) tahun usulan 2020, tahun pelaksanaan 2021.

Menurut Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Teknokrat Indonesia, Dedi Darwis, sekaligus sebagai ketua pelaksana penerima hibah dari Kemendikbud Ristek, menjelaskan, kegiatan yang dilakukan terdiri dari beberapa pelatihan yaitu:

  1. Pelatihan Pengelolaan Learning Management System (LMS) bagi administrator dan ketua jurusan tentang management user dan pengelolaan kelas. Kegiatan ini sudah dilakukan pada tanggal 8 Juli 2021.
  2. Pelatihan penggunaan LMS kepada para guru tentang pengisian materi pada LMS yang dilakukan pada tanggal 9 dan 10 Juli 2021.
  3. Pelatihan penggunaan Virtual Laboratory (VLAB) dan Digital Library yang rencananya akan dilaksanakan pada akhir Agustus 2021

Dedi menjelaskan, rangkaian kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mendukung program pemerintah provinsi lampung dalam menerapkan Aplikasi Smart School dengan harapan dapat meningkatkan produktivitas guru dan siswa di masa pandemi covid-19 ini.

Pada kesempatan ini Dedi juga menjelaskan bahwa Universitas Teknokrat Indonesia telah membina lebih dari 60 sekolah di Provinsi Lampung dalam hal pemanfaatan pembelajaran online.

“Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Kementerian yang telah mendanai kegiatan pengabdian masyarakat ini, dan tak lupa kami sampaikan terima kasih kepada Rektor Universitas Teknokrat Indonesia, Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE., MBA. dan TIM LPPM UTI yang selalu mendukung dan memfasilitasi seluruh kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa,” ujar Dedi.

Sementara itu, pihak SMK YP Serdang melalui Kepala Sekolah Putri Elida Sari, M.Pd. mengucapkan banyak terima kasih kepada Tim Universitas Teknokrat yang telah memberi materi dan pelatihan aplikasi Smart School bagi seluruh guru dan tenaga kependidikan di SMK YP Serdang.

Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat menambah wawasan dan mempermudah kegiatan belajar dan mengajar secara online.

Adapun tim pelaksana yang terlibat pada kegiatan ini adalah Dedi Darwis (Ketua Pelaksana Kegiatan), Very Hendra Saputra (Anggota 1), Setiawansyah (Anggota 2) dan dibantu oleh beberapa mahasiswa dari Program Studi D3 Sistem Informasi Akuntansi.

Wakil Rektor I Universitas Teknokrat Indonesia Dr H Mahathir Muhammad SE MM menambahkan, aplikasi yang dikembangkan ini memudahkan siswa dalam belajar daring. Mahathir mengatakan, kiprah mahasiswa dan dosen Teknokrat di bidang ini memang mumpuni.

Dengan begitu, keberadaan ilmu pengetahuan secara aplikatif mudah diterapkan. Ia menyambut gembiran adanya aplikasi ini.

Ke depan, Mahathir ingin semua sekolah yang berada pada binaan Teknokrat bisa diberikan hal yang serupa. Sehingga, kegiatan belajar mengajar di sekolah makin mudah dilakukan secara daring. [Sugiono]