Memantapkan Kamus Daring Bahasa Lampung

Oleh Zaenal Abidin (Dosen IT Bidang Machine Learning Universitas Teknokrat Indonesia)

Pada Februari 2021 lalu, Kantor Bahasa Provinsi Lampung telah meluncurkan Kamus Daring Bahasa Lampung.  Kamus daring tersebut tersedia pada laman https://kamuslampungkbpl.id.

Hal ini tentu menjadi input yang positif bagi perkembangan dan pelestarian bahasa Lampung di era digital seperti saat ini. Sebagaimana yang disampaikan Wakil Gubernur Chusnunia Chalim, bahwa kamus daring ini harus diapresiasi mengingat penutur bahasa Lampung mulai terkikis.

Dengan adanya kamus daring, masyarakat dapat mengakses lebih mudah. Terutama untuk generasi muda yang sudah mulai melek internet, tentu kamus daring ini akan tepat guna. Guna mendukung program tersebut, kita mesti turun tangan untuk bersama-sama menyosialisasikan kamus daring kepada masyarakat secara luas.

Konten kamus daring Lampung secara format tidak jauh berbeda dengan kamus berbentuk buku. Perbedaannya adalah daya jangkau kamus daring mampu dimanfaatkan oleh semua masyarakat yang memiliki akses ke laman web kantor bahasa Lampung.

Kamus daring Lampung ini terasa manfaatnya secara maksimal khususnya bagi para pendatang yang ada di Provinsi Lampung guna membantu anak-anaknya dalam mata belajar bahasa Lampung.

Namun demikian, dalam penggunaannya, kamus daring Lampung masih memiliki beberapa kelemahan. Hal ini dirasakan ketika para pengguna yang non penutur bahasa Lampung ingin menggunakan kamus tersebut dalam menerjemahkan suatu tulisan yang cukup panjang.

Misalnya dalam pelajaran bahasa Lampung. Para pemakai kamus daring Lampung akan merasakan kelelahan yang tidak biasa karena harus berulang kali mengetikkan kata-kata yang ke dalam kamus daring Lampung.

Terbayang kan jika harus mengetikkan berulang-ulang lebih dari satu halaman buku pelajaran bahasa Lampung? Tentunya melelahkan. Atas dasar tersebut, perlu ada beberapa masukan agar aplikasi lebih praktis dan mampu menjembatani kebutuhan pengguna.

Powerfull dan Manusiawi

Dengan melihat konten dari laman web kamus daring bahasa Lampung, ada sedikit bagian yg perlu ditambahkan guna menjadikan kamus daring menjadi lebih powerfull dan manusiawi. Perlu satu bagian khusus yang diperlukan yaitu slot untuk penerjemahan kalimat bahasa Lampung secara otomatis.

Dengan hanya menerapkan sedikit hal teknis yaitu dari sisi pemanfaatan data base yang sudah ada di laman web kamus daring bahasa Lampung dan sedikit algoritma penerjemahan bahasa Lampung berbasis kamus, laman web kamus Daring bahasa Lampung akan lebih powerfull dan lebih manusiawi. Sebab, mampu menerjemahkan kalimat-kalimat yang bisa langsung dimasukkan ke laman web tersebut dan pembaca bisa langsung mengetahui  hasil terjemahannya.

Dengan penambahan bagian kemampuan menerjemahkan kalimat secara utuh dan banyak, laman web kamus daring Lampung bisa sangat membantu para pengguna khususnya para pengunjung laman web kamus bahasa Lampung yang bukan orang Lampung.