Dosen Universitas Terbaik di Lampung Teknokrat Latih Menulis dan Public Speaking di SMK Widya Yahya Gadingrejo

Gadingrejo – Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Universitas Teknokrat Indonesia melakukan pengabdian di SMK Widya Yahya, Gadingrejo, Pringsewu, Rabu lalu, 9 Mei 2021.

Kegiatan diisi dengan pelatihan penulisan naskah vlog dan public speaking bagi siswa. Selain itu juga didakan kegiatan sharing session dengan guru dan manajemen SMK. Sharing session mengangkat tema SMK unggulan.

Pelatihan penulisan dan public speaking disampaikan Jafar Fakhrurozi, M.Hum. Sementara sharing session dipimpin oleh Wakil Dekan I FTIK  Agus Mulyanto, M.Sc.

Kegiatan PKM yang merupakan pertemuan lanjutan ini juga melibatkan mahasiswa Intan Anggrenia dari Program Studi Sistem Informasi dan Anan Krisna dari Program Studi Informatika.

Jafar mengatakan, kemampuan berbicara di depan publik sekarang menjadi tuntutan zaman. Sebab, ide dan gagasan yang tidak tersampaikan dengan baik kurang bisa direspons dengan baik oleh pendengar. Sebab itu, kemampuan berbicara di depan publik harus terus dilatih.

Syarat utama, ujar Jafar, jangan pernah takut untuk mencoba. Ini bisa dimulai dari lingkup yang paling kecil. Misalnya belajar berani mengemukakan pendapat di  kelas atau media sosial.

Selain itu, belajar menjadi pembawa acara atau pengisi acara yang sesuai dengan bidang keahlian. Dengan begitu, setiap orang punya peluang menjadi pembicara yang baik.

Jafar melanjutkan, kemampuan menulis juga penting supaya ide dan pikiran bisa diwujudkan dalam naskah atau narasi. Dengan mahir menulis, seseorang akan mempunyai kebiasaan literasi yang baik.

Penulisan yang baik akan berdampak pada kebiasaan menyatakan pendapat dengan susunan yang runut dan mudah dipahami orang lain. Menulis sama saja dengan berbicara tapi dalam medium yang lain. Jika seseorang mempunyai dua kemampuan ini, ia akan menjadi pribadi yang signifikan.

Menanggapi ini, Wakil Rektor I Universitas Teknokrat Indonesia Dr H Mahathir Muhammad SE MM mengatakan, kemampuan menulis dan berbicara memang selalu dikembangkan di kampus. Dosen wajib memiliki dua kompetensi ini.

Ia menilai, ini sangat baik diajarkan kepada mereka yang masih bersekolah di SMA. Jika sedari dini dilatih menulis dan berbicara, akan memberikan dampak yang bagus untuk diri sendiri.

Dengan begitu, kompetensinya akan terbangun. Secara literasi akan kuat karena dituntut banyak membaca kemudian menulis serta menguraikan gagasan dalam bentuk public speaking.